Metode Terbaik untuk Mengembalikan Icon WiFi yang Hilang pada Laptop

Memanfaatkan jaringan WIFI kini sudah merambah ke banyak keluarga dikarenakan penawaran menarik yang diberikan dan kecepatannya yang memang maksimum. Sehingga, sangatlah disayangkan jika ternyata laptop yang digunakan tidak bisa menangkap sinyal dari WIFI tersebut. Padahal, secara basic cukup dengan menekan tombol Connect maka secara otomatis perangkat tersebut akan terhubung dengan WIFI. Lantas, jika kondisi ini tidak terjadi apa yang harus dilakukan?

Tidak usah bingung atau khawatir untuk mengatasi bagaimana memunculkan icon atau sinyal WIFI pada laptop. Yang menjadi penyebabnya adalah biasanya dikarenakan sistem yang digunakan error, sehingga kinerja driver menjadi tidak optimal. Atau bisa juga dikarenakan router sudah rusak sehingga mau tidak mau akan mempengaruhi sistem jaringan.

Cara pertama Gunakan Notification Area Icon

Sebagai langkah awal maka Anda bisa menggunakan opsi Customize untuk memunculkan icon WIFI. Tidak sedikit pengguna yang kurang menyadari menghapus icon ini dari taskbar entah saat mengarahkan mouse misalnya.

Jadi, klik tanda anak panah ke atas di sebelah baterai baris taskbar kemudian pilih Customize. Akan muncul pilih opsi “Show icon and notifications” pada baris Network dan klik OK.

Cara kedua hentikan secara paksa File Explorer

Untuk langkah selanjutnya adalah menghentikan paksa file Explorer. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak hanya diaplikasikan pada Windows 7 saja, namun bisa juga pada versi lain.

Klik kanan di bagian Taskbar dan pilih Start Task Manager atau Anda bisa menekan kombinasi Ctrl + Alt + Del pada keyboard. Saat jendela baru sudah terbuka, maka pada bagian tab Processes cari dan klik file explorer.exe. setelahnya, klik tombol End Process. Tunggu beberapa saat maka jika semua berjalan sesuai dengan prosedur maka icon WIFI akan muncul.

Cara ketiga Uninstall Driver WiFi

Perlu diketahui bahwa metode uninstall driver berlaku untuk pengguna yang mengalami kendala pada icon WIFI. Artinya, jika ingin menampilkan icon network connection baik itu di Taskbar laptop maupun PC, maka cara ini bisa digunakan. Apalagi, banyak para ahli IT yang merekomendasikan metode ini jika mengalami masalah icon WiFi tidak muncul di laptop.

Buka Device Manager kemudian klik Network Adapters dan cari adapter WiFi yang terhubung ke perangkat. Selanjutnya, klik kanan serta pilih Uninstall. Secara otomatis adapter akan terhapus dan Anda tak usah khawatir atau bingung. Agar kembali maka restart kembali perangkat yang digunakan.

Cara ini berfungsi untuk mengembalikan WiFi ke pengaturan awal sehingga kinerja sistem bisa kembali normal. Hanya saja, kalau metode tersebut tidak berhasil, maka bisa saja icon WiFi memang dalam keadaan hidden.

Caranya adalah klik tanda panah atas di Taskbar, pilih Customize dan ubah pengaturan Network jadi “Show icon and notifications”.

Itulah penjelasan singkat mengenai metode yang bisa digunakan untuk mengembalikan icon WIFI yang meskipun penyebabnya sangat banyak. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan Anda menerapkan langkah atau cara yang sudah dijelaskan diatas agar tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

Tapi, bagaimana jika seandainya semua metode tersebut sudah dikerjakan namun tetap tidak menunjukkan hasil? Tiada jalan lain Anda bisa membawa komputer atau laptop ke tempat service komputer yang memang Anda kenal dan terpercaya. Utarakan apa yang menjadi awal terjadinya masalah ini agar mereka dengan mudah memperbaiki. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *