Bagaimana Mengatasi Komputer yang Lemot dengan Cara Sederhana?

Penggunaan komputer sekarang ini bukan menjadi satu hal yang asing lagi mengingat harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Ditambah lagi beragam fitur terus ditambahkan sesuai dengan perkembangan media yang satu ini. Akan tetapi, seiring dengan pemakaiannya yang terus menerus membuat performanya menjadi lamban. Kalau sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus mencari tahu apa yang menjadi solusinya agar bisa digunakan secara maksimal.

Ada beragam penyebab mengapa komputer menjadi lemot seperti RAM yang digunakan berkapasitas kecil. Jika Anda menggunakan RAM dengan tipe seperti itu sementara cukup banyak aplikasi atau software yang membutuhkannya dalam kapasitas besar maka sudah dapat dipastikan jika komputer menjadi lamban.

Yang kedua adalah kapasitas harddisk penuh. Adapun fungsi dari harddisk selain menyimpan sejumlah file di Drive D, alat ini juga menyimpan file dari bawaan sistem operasi dimana biasanya berada pada Drive C. Jadi, jika kapasitas Drive D sudah penuh maka secara otomatis performa komputer akan menjadi lamban.

Yang ketiga adalah terkena Virus. Jika virus sudah menyerang sistem yang ada pada komputer maka serta merta komputer menjadi lemot. Hal ini terjadi karena sistem ini menjadi kacau sehingga perintah eksekusi menjadi lama.

Yang keempat adalah usia dari komponen pada CPU sudah cukup lama. Layaknya sebuah mesin yang sudah dipakai dalam kurun waktu lama maka begitu juga halnya dengan komponen komputer. Faktor pemakaian yang lama akan membuat penurunan pada performa komputer itu sendiri.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Melakukan update sistem operasi

Biasanya, saat komputer yang sudah terhubung dengan koneksi internet maka secara otomatis akan melakukan update dari sistem operasi yang dipakai. Hanya saja, jika Anda menggunakan sistem operasi yang tidak asli maka proses ini tidak bisa dilakukan. Padahal, sistem ini sangat baik untuk menaikkan performa dari komputer. Jadi, pastikan produk yang Anda miliki adalah asli.

Kemudian, langkah kedua adalah melakukan pengecekan pada driver apakah mengalami error atau tidak. Dan untuk bisa menerapkan cara ini maka Anda buruh driver yang berfungsi sebagai penghubung dengan sistem operasi. Nah, nantinya akan diketahui apakah driver tersebut mengalami kerusakan sehingga hardware sulit membaca perintah yang diberikan.

Melakukan pengecekan suhu komputer

Biasanya, komputer yang sudah cukup lama dijalankan maka lamban laun akan menaikkan suhu dan akibatnya adalah komputer menjadi lemot. Hal ini bisa menyebabkan prosesor menjadi tidak maksimal.

Menambah kapasitas RAM

Agar segala instruksi yang diberikan bisa dijalankan maka komputer membutuhkan RAM. Artinya, agar komputer bisa dijalankan secara maksimal maka Anda harus mengupgrade RAM. Fungsi RAM ini juga sangat penting karena berpengaruh pada fungsi CPU juga. Di pasaran sendiri cukup banyak jenis RAM yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Menginstal software pembersih

Untuk melakukan cara ini maka yang Anda butuhkan adalah Ccleaner dan AVG PC Tune Up dimana fungsinya untuk memantau kerja komputer. Bahkan, beberapa masalah registry juga akan dibersihkan dan diperbaiki.

Menguninstall program yang tidak terpakai

Bersihkan komputer dari program yang memang tidak dipakai atau dianggap tidak penting apalagi yang memakan resource memory besar. Dengan begitu beban kerja RAM tidak begitu besar.

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat performa komputer menjadi cepat. Namun, dengan menerapkan beberapa langkah diatas maka setidaknya komputer Anda sudah bisa bekerja secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *